Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang wajib untuk dijaga karena memiliki fungsi untuk menyaring zat buangan (limbah) dari dalam tubuh baik yang berasa dari makanan, obat-obatan, maupun zat beracun. Ginjal juga memiliki fungsi untuk menyaring sebanyak 200 liter darah per hari, mengendalikan keseimbangan air, dan menjaga kadar mineral dalam tubuh.

Tapi, beragam kebiasaan buruk seperti pola makan tidak sehat dan kurang minum air putih bisa menyebabkan infeksi hingga penurunan fungsi ginjal. Karena itu diperlukan tindakan untuk mencegah berkurangnya fungsi ginjal yang bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa jenis minuman berikut.

Air Kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit tinggi, sedikit gula, serta nol kalori, sehingga dapat mengurangi jumlah kristal yang terbentuk di dalam urine. Selain akan menghidrasi tubuh dan memiliki rasa segar, dengan rutin meminum air kelapa fungsi kerja ginjal pun bisa semakin meningkat.

Air Lemon

Tak hanya kaya akan vitamin C, lemon yang memiliki sifat asam juga mampu untuk meningkatkan kadar sitrat di dalam urine sehingga akan menghambat pembentukan kristal di dalam ginjal. Mengonsumsi jus lemon dingin atau campuran perasan lemon dengan air hangat dan madu akan memaksimalkan fungsi ginjal dengan cara menghilangkan kalsium yang ada pada ginjal.

Air Jahe

Jahe kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah peradangan serta membersihkan racun yang ada dalam ginjal. Selain itu, konsumsi air jahe juga dapat mencegah terjadinya pengkristalan dan pembekuan yang sebabkan batu ginjal. Jahe juga akan memperlancar peredaran darah sekitar ginjal, sehingga proses pembersihan darah jadi lebih maksimal.

Jus Beri

Jus beri-berian seperti stroberi, blueberry, rasberry, atau cranberry adalah minuman yang tepat untuk meningkatkan fungsi ginjal karena memiliki kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang mampu mengurangi peradangan serta meningkatkan fungsi kandung kemih.

Jus Nanas

Selain memiliki rasa asam yang segar, nanas juga mengandung phytonutrisi yang disebut bromelain, yaitu enzim yang dapat menjamin fungsi ginjal dengan tepat, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan fungsi sistemik organ. Dengan mengonsumsi jus nanas, tak hanya kesehatan ginjal yang akan terjaga, tapi kelancaran sirkulasi darah serta kekebalan tubuh juga akan meningkat.

Jus Wortel

Wortel memiliki kandungan karoten yang dapat membantu ginjal dalam menghalau racun yang masuk dalam tubuh, serta membantu melarutkan logam berat dan racun untuk selanjutnya dikeluarkan dari dalam tubuh melalui urine. Yux

Sumber: mommyasia